Aspal di Gang Ini Disulap Jadi Banyak Ikannya Aspal di Gang Ini Disulap Jadi Banyak Ikannya
Pilarberita, Kota Cirebon – Aspal jalanan di Gang III Rw. 06 Pulobaru Utara, Kelurahan Pulasaren, Kecamatan Pekalipan, Kota Cirebon dipoles menjadi lukisan gambar 3D.... Aspal di Gang Ini Disulap Jadi Banyak Ikannya

Pilarberita, Kota Cirebon – Aspal jalanan di Gang III Rw. 06 Pulobaru Utara, Kelurahan Pulasaren, Kecamatan Pekalipan, Kota Cirebon dipoles menjadi lukisan gambar 3D. Alhasil jalanan di gang tersebut pun disulap seolah-olah seperti aliran sungai yang di dalamnya banyak ikan.

Uniknya warga setempat hanya berbekal kemampuan seadanya dan belajar secara otodidak, namun hasil karya mereka tak kalah dengan karya pelukis profesional.

Gambar-gambar indah tersebut sengaja dibuat selain untuk memperindah lingkungan pemukiman juga untuk menanamkan nilai-nilai sejarah di gang tersebut.

“Jadi awalnya sih bapak-bapak dan para pemuda itukan lagi iseng kumpul-kumpul, terus tercetuslah ide bikin lukisan 3D di jalan gang ini. Akhirnya langsung terwujud dan kenapa gambarnya seperti ini, karena filosofi zaman dulu yang dinamai Segara Rampak dan Balong Panjunan,” kata Evi Maghfiroh, salah satu penggagas lukisan tersebut, Rabu (10/7/2019).

Menurutnya, konsep gambar lukisan ikan ini merupakan duplikasi nuansa alam dan suasana seperti Balong Panjunan yang ada kaitannya dengan sejarah Masjid Baiturrohim pada masa lampau.

Konon, saat musim hujan tiba, air di balong tersebut membanjiri pemukiman warga sehingga ikan-ikan yang ada di balong itu juga ikut keluar.

Di samping itu, biaya pembuatan lukisan 3D tersebut dari swadaya masyarakat setempat. Mereka secara sukarela menyumbangkan tenaga, pikiran, bahkan ikut membuat lukisan-lukisan gambar 3D ikan tersebut. (PB04)

(351)