Banyak Kejadian Mistis, Air Balong Taman Sari Katanya Bawa Berkah. Banyak Kejadian Mistis, Air Balong Taman Sari Katanya Bawa Berkah.
PILARADIO886, KABUPATEN CIREBON – Air yang berasal dari 4 balong atau sumur di Balong Taman Sari Keraton Kanoman Sumber, masih dipercaya pengunjung sebagai pembawa... Banyak Kejadian Mistis, Air Balong Taman Sari Katanya Bawa Berkah.

PILARADIO886, KABUPATEN CIREBON – Air yang berasal dari 4 balong atau sumur di Balong Taman Sari Keraton Kanoman Sumber, masih dipercaya pengunjung sebagai pembawa berkah. Jumat (03/02/2017).

Menurut pengelola, Ato (45), balong yang didirikan oleh keraton Kanoman pada tahun 1710 itu sering dikunjungi oleh masyarakat yang ingin mengadakan hajat atau selametan di rumahnya.

Balong Taman Sari awalnya merupakan taman yang indah hasil pembangunan Sultan Bachrudin. Karena Sultan Bachrudin gemar ziarah ke makam Pangeran Panjunan, Balong Taman Sari dijadikannya tempat singgah sebelum berziarah.

Kini Balong Taman Sari sudah ada beberapa perubahan berkat bantuan dari pemerintah kabupaten Cirebon. Tempatnya yang sejuk dan rimbun oleh pepohonan, tak jarang penjaga disana merasakan momen mistis.

Ato menjelaskan pernah beberapa waktu ia melihat penampakan prajurit Sultan Bachrudin di atas kolam tersebut.

Selain itu bahwa tidak ada yang diperbolehkan menebang pohon di sekitar Balong Taman Sari. Konon seseorang yang pernah mengaku sakti, tiba-tiba sakit parah setelah sengaja menebang pohon tersebut.

Bersama ibunya, Marsini (60), Ato juga menyediakan batu, kayu bakar, dan daun luwi yang juga dipercaya bisa mendatangkan berkah.(Rama).

(215)