Dedeh Sebut ODGJ di Kota Cirebon Buangan Dari Masyarakat Luar Daerah Dedeh Sebut ODGJ di Kota Cirebon Buangan Dari Masyarakat Luar Daerah
Pilarberita, Kota Cirebon – Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) yang berkeliaran di Kota Cirebon Jawa Barat, sebagian besar berasal dari luar daerah Kota Cirebon.... Dedeh Sebut ODGJ di Kota Cirebon Buangan Dari Masyarakat Luar Daerah

Pilarberita, Kota Cirebon – Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) yang berkeliaran di Kota Cirebon Jawa Barat, sebagian besar berasal dari luar daerah Kota Cirebon. Keberadaan mereka dianggap mengganggu keindahan kota.

Menurut Kepala Bidang Sosial Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DSPPPA) Kota Cirebon, Dedeh Dahlia, ODGJ yang berkeliaran tersebut diduga dibuang oleh warga dari luar daerah Kota Cirebon secara terselubung.

“Dan ini mungkin masih ada daerah lain yang masih melakukan itu sembunyi-sembunyi sehingga ketika datang tiba-tiba ada di masjid, di jalan. Soalnya kan banyak yang laporan ke kita,” ujar Dedeh kepada Pilaradio, Selasa (9/7/2019).

Untuk mengatasi keresahan warga dari banyaknya ODGJ yang berkeliaran, pihaknya langsung menampung ODGJ ini ke sejumlah panti atau yayasan, kemudian dilarikan ke RSUD Gunung Jati Cirebon untuk penangan lebih lanjut.

Sementara saat inj diakui Dedeh, pihaknya belum memiliki rumah singgah untuk menampung keberadaan ODGJ di Kota Cirebon. Maka dirinya bercita-cita bisa memiliki rumah singgah sendiri agar bisa membina atau menampung ODGJ secara intens. (PB04)

(54)