Desa Ciawigajah Berdayakan Masyarakat Melalui BumDes Desa Ciawigajah Berdayakan Masyarakat Melalui BumDes
Pilarberita, Kabupaten Cirebon – Desa Ciawigajah, Kecamatan Beber, Kabupaten Cirebon tengah menggenjot Pendapatan Asli Daerah (PAD) untuk program kesejahteraan masyarakat dan pemberdayaan masyarakat. Kuwu... Desa Ciawigajah Berdayakan Masyarakat Melalui BumDes

Pilarberita, Kabupaten Cirebon – Desa Ciawigajah, Kecamatan Beber, Kabupaten Cirebon tengah menggenjot Pendapatan Asli Daerah (PAD) untuk program kesejahteraan masyarakat dan pemberdayaan masyarakat.

Kuwu Desa Ciawigajah, Nunung Nurhadi mengatakan, pendirian Badan Usaha Milik Desa (BumDes) dapat menopang PAD, sehingga membuka ruang lebih luas kepada masyarakat untuk meningkatkan penghasilan, tetapi juga menyumbang penyerapan tenaga kerja.

“Jadi ada beberapa poin untuk meningkatkan sumber daya karena bagaimanapun pun juga itu adalah modal utama dalam pembangunan desa. Nah sumber dari semua pembiayaan itu adalah kita harus kerja keras mencari PAD malalui BumDes,” katanya.

Saat ini, Desa Ciawigajah gajah memiliki 6 unit BumDes, di antaranya PDAM desa, Pabrik Air dalam kemasan Ciawiwater, Pengolahan Sampah Mandiri, Agrowisata, Pertanian, dan Peternakan. Di mana dalam setahun ini 6 unit BumDes ini telah menghasilkan Rp. 147 juta.

Ke depan, dirinya mengharapkan BumDes bisa mencapai target pendapatan sebanyak Rp 3 Miliar dalam setahun. Hasil BumDes juga saat ini digunakan untuk kesejahteraan dan pemberdayaan masyarakat seperti beasiswa pendidikan, mitigasi angka pengangguran, dan lainnya. (PB04)

(216)