Di Kota Cirebon, Sebanyak 3.670 Keping E-KTP Invalid Dibakar Di Kota Cirebon, Sebanyak 3.670 Keping E-KTP Invalid Dibakar
Pilarberita, Kota Cirebon – Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Cirebon membakar sebanyak 3.670 keping E-KTP rusak atau invalid, Senin (17/12/2018) sore. Plt... Di Kota Cirebon, Sebanyak 3.670 Keping E-KTP Invalid Dibakar

Pilarberita, Kota Cirebon – Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Cirebon membakar sebanyak 3.670 keping E-KTP rusak atau invalid, Senin (17/12/2018) sore.

Plt Kepala Disdukcapil Kota Cirebon, Anan Suyitno mengatakan, pembakaran E-KTP invalid tersebut menindaklanjuti surat edaran dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendragi) tertanggal 13 Desember 2018 tentang penatausahaan E-KTP rusak atau invalid.

“Jumlahnya untuk kali ini ada 3.670 keping dan ini setiap hari akan bertambah karena contohnya kalau hari yang meninggal kemudian membuat akta kematian, E-KTPnya akan diserahkan ke kita. Jadi ke depannya pasti akan ada lagi,” ujar Anan kepada wartawan.

Sementara itu, Sekda Kota Cirebon, Asep Dedi menyampaikan, dengan adanya pemusnahan tersebut diharapkan tidak ada penyalahgunaan E-KTP yang rusak. Menurut dia, E-KTP yang invalid itu sudah diganti karena memang ada kerusakan, pindah tempat tinggal, hingga perubahan foto dengan yang terbaru.

Lebih lanjut ia mengatakan, beberapa jenis kartu yang mengalami kerusakan seperti tak jelas penulisan identitas saat proses cetak, foto yang tidak jelas serta adanya kesalahan pada identitas juga turut dimusnahkan. (PB04)

(594)