Dinas Pendidikan Jabar Tetapkan Aturan PPDB SMA Sederajat, Wilayah III Cirebon Hanya Diakomodir 12 Rombel Dinas Pendidikan Jabar Tetapkan Aturan PPDB SMA Sederajat, Wilayah III Cirebon Hanya Diakomodir 12 Rombel
Pilarberita, Kota Cirebon – Balai Wilayah X Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat telah menetapkan pendaftaran Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) untuk tingkat SMA sederajat,... Dinas Pendidikan Jabar Tetapkan Aturan PPDB SMA Sederajat, Wilayah III Cirebon Hanya Diakomodir 12 Rombel

Pilarberita, Kota Cirebon – Balai Wilayah X Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat telah menetapkan pendaftaran Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) untuk tingkat SMA sederajat, yang akan dimulai pada 17 Juni 2019 mendatang.

Kepala Balai Wilayah X Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat, Dewi Nurhulaela mengatakan, jalur pendaftaran PPDB masih mengacu pada Permendikbud Nomor 51 Tahun 2018 tentang PPPD. Di antara jalur tersebut adalah zonasi, prestasi, dan perpindahan.

“Nah untuk zonasi sendiri di Jawa Barat itu agak berbeda dengan provinsi lain. Dari 90 persennya itu ada 75 persen untuk zonasi murni dan 15 persennya zonasi kombinasi. Artinya nilai UN dengan zonasi bisa digabung dan nanti ada perhitungannya di aplikasi,” kata Dewi kepada Pilaradio, Rabu (22/5/2019).

Lebih lanjut ia menambahkan, setiap sekolah SMA sederajat di wilayah III Cirebon sendiri ditetapkan hanya membuka 12 rombongan belajar (rombel) per tingkatan atau setara 432 siswa untuk satu angkatan. Artinya dalam satu kelas batas maksimal siswa hanya diisi sebanyak 36 orang.

Menurutnya, petunjuk teknis PPDB tahun ini sudah diupayakan mendekati adil. Salah satunya dengan mengakomodir siswa-siswa yang tinggal di wilayahnya tidak memiliki sekolah SMA, dengan syarat berprestasi. (PB04)

(81)