Disdukcapil Kota Cirebon Keluhkan Keterbatasan Blangko Disdukcapil Kota Cirebon Keluhkan Keterbatasan Blangko
Pilarberita, Kota Cirebon – Tingkat permohonan pembuatan kartu tanda penduduk elektronik (KTP-el) di Kota Cirebon selalu tinggi. Namun sayang hal ini tidak diimbangi dengan... Disdukcapil Kota Cirebon Keluhkan Keterbatasan Blangko

Pilarberita, Kota Cirebon – Tingkat permohonan pembuatan kartu tanda penduduk elektronik (KTP-el) di Kota Cirebon selalu tinggi. Namun sayang hal ini tidak diimbangi dengan ketersediaan blanko yang seringkali mengalami kekurangan bahkan kosong.

Hal itu disampaikan oleh Kepala Bidang Pendaftaran Penduduk Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Cirebon, Eli Haryati, Senin (16/9/2019).

“Jadi arahannya adalah untuk yang KTP-el adalah yang untuk pemula. Kemudian untuk yang rusak, hilang elemen perubahannya adalah yaitu mendapatkan surat keterangan pengganti KTP elektronik,” ujar Eli.

Diungkapkannya, selama ini tingkat permohonan pembuatan KTP-el di Kota Cirebon memang sangat tinggi. Setiap hari selalu ada warga yang datang ke Kantor Disdukcapil untuk memohon pembuatan KTP-el.

Untuk mengantisipasinya pemerintah mengeluarkan surat keterangan (Suket) yang diberikan kepada pemohon KTP-el. Suket ini sebagai bukti jika yang bersangkutan memang sudah mengurus permohonan pembuatan KTP-el akan tetapi belum bisa menerima KTP-el karena keterbatasan blanko. (PB04)

(0)