Dukungan Pihak Keluarga Sangat Diharapkan Dalam Mewujudkan Kota Layak Anak Dukungan Pihak Keluarga Sangat Diharapkan Dalam Mewujudkan Kota Layak Anak
Pilarberita, Kota Cirebon – Upaya pemenuhan hak anak memerlukan komitmen yang kuat. Tidak hanya ibu dan ayah, akan tetapi orang dewasa yang ada dalam... Dukungan Pihak Keluarga Sangat Diharapkan Dalam Mewujudkan Kota Layak Anak

Pilarberita, Kota Cirebon – Upaya pemenuhan hak anak memerlukan komitmen yang kuat. Tidak hanya ibu dan ayah, akan tetapi orang dewasa yang ada dalam keluarga memiliki peranan yang sangat penting.

Sejalan dengan hal tersebut, Kepala Bidang Perlindungan Anak DSPPPA Kota Cirebon, Haniyati mengharapkan, adanya dukungan dari pihak keluarga untuk pemenuhan hak dan perlindungan anak, sehingga Kota Cirebon optimistis bisa meraih predikat kota layak anak kategori nindya.

“Kalau kita melihat dari angka 883 harusnya kita sudah masuk nindya, tetapi dari data tersebut tidak otomatis akan bisa naik kategori karena tahap keduanya adalah penilaian administrasi. Dan kemudian tahap ketiganya adalah verifikasi lapangan,” kata Haniyati kepada Pilaradio, Selasa (9/7/2019).

Melaui program ini, lanjut Haniyati, pengembangan Kabupaten/Kota Layak Anak, mengacu pada 24 indikator pemenuhan hak anak dan perlindungan khusus anak. Secara garis besar, terdapat 5 klaster hak anak.

Disebutkannya, di antara 5 klaster tersebut meliputi, Hak Sipil dan Kebebasan, Lingkungan Keluarga dan Pengasuhan Alternatif, Kesehatan Dasar dan Kesejahteraan, Pendidikan, Pemanfaatan Waktu Luang, dan Kegiatan Budaya, serta Perlindungan Khusus. (PB04)

(27)