Elmi Bantah Nanas Madu Taiwan Masuk Pasar Kota Cirebon Elmi Bantah Nanas Madu Taiwan Masuk Pasar Kota Cirebon
Pilarberita, Kota Cirebon – Kepala Bidang Konsumsi dan Keamanan Pangan Dinas Pangan Pertanian Perikanan dan Kelautan (DPPKP) Kota Cirebon, Elmi Masruroh membantah jika nanas... Elmi Bantah Nanas Madu Taiwan Masuk Pasar Kota Cirebon

Pilarberita, Kota Cirebon – Kepala Bidang Konsumsi dan Keamanan Pangan Dinas Pangan Pertanian Perikanan dan Kelautan (DPPKP) Kota Cirebon, Elmi Masruroh membantah jika nanas madu produksi dari Taiwan telah masuk ke Indonesia, apalagi Kota Cirebon.

Karena menurutnya, nanas yang ada di Indonesia sendiri merupakan hasil produksi dari para petani lokal seperti, Subang, Pemalang, Bandung, tanpa ada campur tangan dari negara lain.

“Maksudnya Indonesia sih enggak pernah ngimpor yang kayak gitu. Kalau nanas di Indonesia kan yang dari sini yah, kayak dari Pemalang, dari Lembang, terus yang dari Subang itu sih aman,” kata Elmi melalui sambungan seluler, Selasa (8/7/2019).

Selama melakukan sidak di sejumlah pasar tradisional maupun modern, pihaknya juga belum pernah menemukan nanas ilegal atau produksi dari luar negeri. Hanya saja yang kerap ditemukan adalah nanas lokal yang mengandung pestisida.

Di samping itu, Elmi menjelaskan, bahwa nanas madu dari Taiwan yang kini viral di media sosial mengandung zat asam siklat yang dapat membahayakan bagi kesehatan ginjal. Namun ia kembali menegaskan, jika nanas yang dipasarkan di Kota Cirebon aman untuk dikonsumsi. (PB04)

(27)