Gentong Haji, Tradisi Khas Kabupaten Cirebon Gentong Haji, Tradisi Khas Kabupaten Cirebon
Pilarberita, Kabupaten Cirebon – Tiap tahun, masyarakat yang keluarganya berangkat ibadah haji akan menyediakan sebuah gentong berisi air didepan rumahnya. Gentong berisi air itu... Gentong Haji, Tradisi Khas Kabupaten Cirebon

Pilarberita, Kabupaten Cirebon – Tiap tahun, masyarakat yang keluarganya berangkat ibadah haji akan menyediakan sebuah gentong berisi air didepan rumahnya.

Gentong berisi air itu akan dimanfaatkan untuk minum siapapun yang melintasi dirumah tersebut. Sekertaris Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disbudparpora) Kabupaten Cirebon, R Chaidir Susilaningrat menjelaskan, gentong haji merupakan tradisi Kabupaten Cirebon tiap kali musim haji tiba.

Menurutnya, maksud dari menyediakan gentong haji itu ialah agar amal ibadah dari orang yang berangkat haji tidak putus ditempat tinggalnya dan sudah ada sejak ratusan tahun lalu.

“Tradisi di masyarakat, masing-masing daerah punya tradisi jadi gentong haji juga itu tradisi ketika seseorang berangkat ibadah haji dia tidak ingin amal di tempat tinggalnya terputus sehingga menyediakan gentong untuk minum orang yang lewat,” kata Chaidir.

Sementara itu Kusno (49) salah satu warga di Desa Suranenggala Kecamatan Suranenggala mengaku jika selalu menghampiri rumah jema’ah haji untuk mengambil air yang ada di dalam gentong. Bagi Kusno, tradisi turun-menurun itu sangat baik untuk mempererat silaturahmi antar warga sekitar. (PB03)

(108)