Jelang Libur Natal dan Tahun Baru, Dishub dan Polres Cirebon Ramp Cek Bus Pariwisata Jelang Libur Natal dan Tahun Baru, Dishub dan Polres Cirebon Ramp Cek Bus Pariwisata
Pilarberita, Kabupaten Cirebon – Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Cirebon melaksanakan pemeriksaan kendaraan atau ramp check terhadap sejumlah penyedia jasa transportasi dan wisata pada Senin (17/12). Hal... Jelang Libur Natal dan Tahun Baru, Dishub dan Polres Cirebon Ramp Cek Bus Pariwisata

Pilarberita, Kabupaten Cirebon – Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Cirebon melaksanakan pemeriksaan kendaraan atau ramp check terhadap sejumlah penyedia jasa transportasi dan wisata pada Senin (17/12).

Hal tersebut dilakukan, untuk memastikan kelayakan operasi moda transportasi darat dalam mendukung kelancaran arus lalu lintas jelang libur Natal dan Tahun Baru 2019.

Bersama dengan Polres Cirebon, Dishub Kabupaten Cirebon mengawali rangkaian ramp check di PO Bus Sahabat di Desa Tegalsari Kecamatan Plered dan PO Bus Bhinneka di Desa Pilang Sari Kecamatan Kedawung.

Eddy Suzendi selaku Kordinator Penguji KIR Dishub Kabupaten Cirebon menjelaskan, pemeriksaan ramp check tersebut dilakukan mulai dari pengecekan kelayakan fungsi bus hingga kesehatan dari para pengemudi.

“Jadi pengecekan ini dalam rangka libur natal dan tahun baru. Dimana kendaraan pariwisata dan reguler dipakai untuk transportasi wisata liburan. Jadi semua kita cek mulai dari pengemudi dilakukan tes urin juga tensi kesehatan sampai kendaraannya,” ungkap Edi.

Selain itu, Edi juga menjelaskan sesuai dengan Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 85 Tahun 2018, seluruh perusahaan bus wajib menerapkan sistem manajemen keselamatan.

Oleh sebab itu, Dinas Perhubungan Kabupaten Cirebon bersama Polres Cirebon akan terus memantau sejauh mana perusahaan bus melaksanakan sistem manajemen keselamatan.

Sementara itu, Kanit Diksaya Polres Cirebon Ipda Sudarman mengatakan, dari hasil tes urine kepada belasan pengemudi bus, tidak ditemukan pengemudi yang positif mengkonsumsi narkotika. (PB03)

(216)