Jelang Pemilihan, Calon Kuwu Berdatangan Ke Petilasan Pangeran Cakrabuana Jelang Pemilihan, Calon Kuwu Berdatangan Ke Petilasan Pangeran Cakrabuana
Pilarberita, Kabupaten Cirebon – Jelang Pemilihan Kuwu serentak pada 27 Oktober mendatang, sejumlah Calon Kuwu banyak mendatangi petilasan Pangeran Cakrabuana yang berada di Dalem... Jelang Pemilihan, Calon Kuwu Berdatangan Ke Petilasan Pangeran Cakrabuana

Pilarberita, Kabupaten Cirebon – Jelang Pemilihan Kuwu serentak pada 27 Oktober mendatang, sejumlah Calon Kuwu banyak mendatangi petilasan Pangeran Cakrabuana yang berada di Dalem Agung Pakungwati Keraton Kasepuhan Cirebon.

Juru Kunci Dalem Agung Pakungwati Keraton Kasepuhan Cirebon, Surasa mengatakan, petilasan Pangeran Cakrabuana selalu dikunjungi para calon Kuwu.

“Ya mereka pasti ke sini. Ini sudah jadi tradisi yang melekat di masyarakat. Mereka mencari jejak-jejak sejarah zaman dulu,” katanya pada Senin (21/10).

Encu mengatakan tidak semua Calon Kuwu datang ke petilasan Pangeran Cakrabuana. Mayoritas calon kuwu yang datang terdorong karena adanya masukan dari para sesepuh di desanya, atau pernah melakukan hal yang sama sebelumnya.

Encu tak menampik tujuan utama para calon kades yang datang ke petilasan Pangeran Cakrabuana berdoa agar bisa menang pada Pilwu nanti. Namun, Encu mengaku petilasan hanya dijadikan sebagai tempat berdoa.

Sebelum berdoa, para calon kuwu menjalani ritual mandi di Sumur Kejayaan, yang lokasinya tidak jauh dari petilasan. Masih berada dalam satu komplek Dalem Agung Pakungwati. (PB03)

(27)