KA Argo Cheribon Resmi Beroperasi, Kapasitas Angkut Naik Hingga 10 Persen KA Argo Cheribon Resmi Beroperasi, Kapasitas Angkut Naik Hingga 10 Persen
Pilarberita, Kota Cirebon – Tiga nama kereta api yaitu KA Argo Jati, KA Cirebon Ekspres dan KA Tegal Bahari resmi berganti nama menjadi KA... KA Argo Cheribon Resmi Beroperasi, Kapasitas Angkut Naik Hingga 10 Persen

Pilarberita, Kota Cirebon – Tiga nama kereta api yaitu KA Argo Jati, KA Cirebon Ekspres dan KA Tegal Bahari resmi berganti nama menjadi KA Argo Cheribon. Argo Cheribon sendiri melayani pengguna jasa untuk relasi Cirebon-Gambir dan Tegal–Cirebon-Gambir dengan menggunakan rangkaian New Image yang sama diseluruh perjalanannya.

Manager Humas Daop 3 Cirebon Kuswardoyo mengatakan, rebranding KA Argo Cheribon ini bertujuan untuk meningkatkan pelayanan dan memberikan kemudahan bagi penguna jasa KA dengan menghadirkan single service dan memberikan pilihan waktu perjalanan yang disesuaikan dengan kebutuhan penumpang.

“Rebranding Argo Cheribon ini merupakan salah satu inovasi yang dihasilkan untuk memenuhi kebutuhan dan permintaan pengguna jasa terhadap peningkatan jumlah tempat duduk yang disediakan KAI khususnya pada waktu sibuk, seperti weekend, Lebaran, Natal dan hari libur lainnya,” kata Kuswardojo.

Selain itu, kehadiran single service pada KA Argo Cheribon akan meningkatkan kapasitas angkut dari 7.200 tempat duduk menjadi 7.980 tempat duduk perhari atau meningkat 10 persen atau dalam setahun, kapasitasnya angkutnya bisa melayani 2,9 juta penumpang dari sebelumnya 2,6 juta penumpang.

“Peningkatan kapasitas angkut pada KA Argo Cheribon merupakan hal penting untuk mendukung perkembangan Kota Cirebon yang tahun ini mencanangkan target 2 juta kunjungan wisatawan,” lanjutnya.

Penggunaan nama Argo Cheribon sendiri merujuk pada nama “Stasiun Cheribon” saat pertama kali diresmikan tahun 1912 yang menjadi awal keberadaan perkeretaapian di Kota Cirebon. (PB03)

(27)