Kadis DLH : Siap Laksanakan Program Wali Kota & Wakil Wali Kota Cirebon Kadis DLH : Siap Laksanakan Program Wali Kota & Wakil Wali Kota Cirebon
Pilarberita, Kota Cirebon – Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Cirebon, Drs. H. RM. Abdullah Syukur, M.Si, menjelaskan jika dinas yang dipimpinnya siap untuk... Kadis DLH : Siap Laksanakan Program Wali Kota & Wakil Wali Kota Cirebon

Pilarberita, Kota Cirebon – Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Cirebon, Drs. H. RM. Abdullah Syukur, M.Si, menjelaskan jika dinas yang dipimpinnya siap untuk melaksanakan program yang telah dicanangkan wali kota dan wakil wali kota Cirebon.

“Sebenarnya kemarin, pasca pelantikan kita juga sudah mulai running,” ungkap Syukur.

Syukur mengatakan sesuai dengan arahan pada briefing staf hari ini, pihaknya akan terlebih dahulu memprioritaskan kebersihan ruas jalan protol dan sejumlah jalan-jalan kecil yang berdekatan dengan jalan protokol.

Syukur menuturkan menyinggung taman tematik sudah ada 17 perusahaan yang bersedia untuk mengelola taman tematik tersebut. Nantinya mereka akan diundang bersama dengan Wali Kota. Rencananya akan dibuatkan surat keputusan untuk mereka mengelola taman-taman tematik tersebut.

Syukur menambahkan rencananya pada setiap taman nantinya ada unsur “Sehati”, sebagai visi dan misi pemerintahan Azis-Eti 5 tahun ke depan.

Syukur mengungkapkan untuk permasalahan sampah ada 3 model yang akan dilakukan untuk permasalahan sampah. Yaitu adanya TPS terpilah di Krucuk, TPS mobile sebagai pengganti TPS Kesambi yang rencananya akan ditutup, serta program recycle sampah di Tempat Pembuangan Akhir (TPA). Sampah yang sudah berumur 10 tahun, sudah pasif akan diambil lalu diayak. Nantinya residu sampah yang sudah lapuk akan dijadikan briket untuk bahan bakar.

Selain itu sampah yang sudah berusia lama bisa pula dikasih enzim tertentu, lalu didiamkan 7 hari kemudian dibakar dan difermentasi menajdi gas. Gas tersebut bisa langsung diarahkan ke generator untuk menjadi penerangan. Metode ini sudah dilihat dan dilakukan di Bandung dan akan diterapkan di Kota Cirebon.

Sementara itu Wakil Wali Kota Cirebon, Dra. Hj. Eti Herawati, pada kesempatan yang sama juga meminta kepada setiap SKPD untuk menanam pohon untuk menampilkan kesan indah dan hijau.

“Saya juga meminta agar tugu selamat datang serta 4 pintu gerbang menuju Kota Cirebon diperindah,” pungkas Eti.(PB02)

(162)