Kakorlantas : One Way Traffic Berhasil Urai Kepadatan Arus Mudik. Kakorlantas : One Way Traffic Berhasil Urai Kepadatan Arus Mudik.
Pilarberita, Kabupaten Cirebon – Petugas Kepolisian pada Rabu (13/6) malam, masih memberlakukan sistem one way traffic, mulai dari KM 82 hingga KM 270. Kepala... Kakorlantas : One Way Traffic Berhasil Urai Kepadatan Arus Mudik.

Pilarberita, Kabupaten Cirebon – Petugas Kepolisian pada Rabu (13/6) malam, masih memberlakukan sistem one way traffic, mulai dari KM 82 hingga KM 270.

Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri Irjen Royke Lumowa menjelaskan, berdasarkan pantauan di ruas tol Cikampek hingga Palimanan, setelah diberlakukannya sistem one way traffic, volume kendaraan terpantau ramai lancar. Namun terdapat antrian kendaraan saat di Gate Tol Palimanan.

“Kita saat ini berada di Gate Palimanan. Gate Palimanan ini adalah salah satu pintu untuk mengatur arus yang menuju timur saat diberlakukan one way sistem. Kebijakan ini diambil karena pola-pola yang telah dilakukan belum dapat mengangkat kelancaran, contohnya pengalihan arus dan contra flow,” ujar Kakorlantas saat berada di GT Palimanan pada Rabu malam.

Diketahui, kebijakan one way traffic ini merupakan upaya akhir setelah dilakukannya beberapa kali contra flow.

“Bayangkan saja sudah 4 jam kami melakukan one way jalur dari arah Jakarta maupun sebaliknya, namun masih padat. kalau tidak dilakukan one way akan terjadi kepadatan di Cikampek hinggq Palimanan, apa lagi rest area,” lanjutnya.

Kakorlantas menambahkan, sistem one way traffic ini akan diberlakukan sampai kondisi lalu lintas di Cikampek mulai terlihat kondusif. One way ini akan ditutup mulai dari barat.

“Kalau barat kondusif, ok buka jadi two way lagi, maju di KM 80, kebelakang buka lagi, terus berangsur-angsur hingga Jawa Tengah,” tutup Kakorlantas. (PB03)

 

(179)