Keluarga Harus Jadi Penguat Dalam Kehidupan Penyandang Disabilitas Keluarga Harus Jadi Penguat Dalam Kehidupan Penyandang Disabilitas
Pilarberita, Kota Cirebon – Ratusan penyandang disabilitas beserta keluarganya berkumpul di Kantor Kecamatan Harjamukti Kota Cirebon. Dalam hal ini, mereka mendapatkan materi meliputi pemantapan... Keluarga Harus Jadi Penguat Dalam Kehidupan Penyandang Disabilitas

Pilarberita, Kota Cirebon – Ratusan penyandang disabilitas beserta keluarganya berkumpul di Kantor Kecamatan Harjamukti Kota Cirebon. Dalam hal ini, mereka mendapatkan materi meliputi pemantapan kader RBM, Penguatan Keluarga Penyandang Disabilitas, dan deteksi dini kedisabilitasan.

Dikatakan Kepala Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DSPPPA) Kota Cirebon, Iing Daiman, selain dibekali materi mereka juga mendapatkan pemeriksaan dan konsultasi gratis.

“Saya berharap dengan forum ini membuat mereka, mohon maaf yang kurang beruntung tidak lagi menjadi kaum yang terpinggirkan tetapi mereka juga berhak hidup untuk setara dengan kita,” ujar Iing.

Menurutnya, perubahan kondisi seseorang menjadi disabilitas dapat membawa ke arah yang berlawanan dari perilaku sebelumnya. Namun apabila reaksi penyandang disabilitas baru menjadi negatif, keluarga butuh usaha lebih keras.

Dalam hal ini, tidak semua anggota keluarga dapat memberi respon yang tepat terhadap perubahan ini. Apalagi bila yang berubah adalah peran dan fungsi dalam keluarga. (PB04)

(0)