Kemarau Panjang, Empat Desa Sudah Krisis Air Bersih Kemarau Panjang, Empat Desa Sudah Krisis Air Bersih
Pilarberita, Kabupaten Cirebon – Kemarau panjang yang tengah melanda Kabupaten Cirebon, membuat empat desa yaitu Desa Kreyo, Gebang Ilir, Greged, dan Waled, mengalami krisis... Kemarau Panjang, Empat Desa Sudah Krisis Air Bersih

Pilarberita, Kabupaten Cirebon – Kemarau panjang yang tengah melanda Kabupaten Cirebon, membuat empat desa yaitu Desa Kreyo, Gebang Ilir, Greged, dan Waled, mengalami krisis air bersih. Bahkan, warga di empat desa tersebut sudah mengajukan bantuan air bersih.

Lia (46) warga Desa Kreyo Kecamatan Klangenan mengaku, krisis air bersih mulai terjadi sejak dua bulan terakhir. Akibatnya, mereka hanya mengandalkan air dari masing-masing sumur untuk memenuhinya kebutuhan sehari-hari.

“Ya sejak kemarau aja, kira-kira dua bulanan. Makanya kami berharap banget dari pemerintah ngasih bantuan. Hampir tiap tahun kekeringan, tahun ini terparah karena belum ada hujan,” kata Lia.

Sementara itu, Kasi Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Cirebon, Eman Sulaeman, menjelaskan, 63 desa dari 23 kecamatan berpotensi krisis air bersih. Menurutnya, krisis air bersih yang terjadi tahun ini lebih parah dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

“Tahun lalu itu kita menyalurkan bantuan air bersih sebanyak 1,7 juta liter air, itu total selama kemarau. Tahun sekarang juga sudah ada beberapa desa yang mulai meminta bantuan karena krisis air bersih,” pungkasnya. (PB03)

(54)