Khawatir Disalahgunakan, Disdukcapil Musnahkan Ribuan Lembar KTP Khawatir Disalahgunakan, Disdukcapil Musnahkan Ribuan Lembar KTP
Pilarberita, Kabupaten Cirebon – Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukacapil) Kabupaten Cirebon memusnahkan 1.752 lembar KTP yang sudah rusak dan invalid, Sabtu (15/12). Pemusnahan... Khawatir Disalahgunakan, Disdukcapil Musnahkan Ribuan Lembar KTP

Pilarberita, Kabupaten Cirebon – Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukacapil) Kabupaten Cirebon memusnahkan 1.752 lembar KTP yang sudah rusak dan invalid, Sabtu (15/12).

Pemusnahan ribuan lembar KTP ini tidak terlepas dari adanya temuan sekarung KTP di Duren Sawit, Jakarta Timur, beberapa waktu lalu.

Kepala Bidang Pendaftaran Penduduk Disdukcapil Muhammad Erneddin mengatakan, pemusnahan ini dilakukan sesuai instruksi dari Kementerian Dalam Negeri.

“Ini menyikapi adanya temuan e-KTP di duren sawit Jakarta yang menjadi isu nasional ditambah tahun politik yang khawatir dipolitisasi. Sehingga sengaja Kemendagri menginstruksikan kepada instansi terkait untuk memusnahkan. Awalnya hanya dibolongi sekarang dimusnahkan dengan dibakar,” ungkapnya.

Pria yang akrab disapa Erren ini menambahkan, ribuan KTP yang dimusnahkan tersebut bukan hanya KTP rusak, namun ada juga KTP yang pemiliknya sudah mengajukan perubahan data, sehingga KTP tersebut sudah tidak berlaku lagi dan seluruhnya merupakan KTP tahun 2012 hingga 2014. (PB03)

(81)