Langgar Aturan, Bawaslu Kabupaten Cirebon Bubarkan Dua Kampanye Celeg Langgar Aturan, Bawaslu Kabupaten Cirebon Bubarkan Dua Kampanye Celeg
Pilarberita, Kabupaten Cirebon – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Cirebon membubarkan paksa dua kegiatan kampanye yang dilakulan oleh calon anggota legislatif (caleg), karena terbukti... Langgar Aturan, Bawaslu Kabupaten Cirebon Bubarkan Dua Kampanye Celeg

Pilarberita, Kabupaten Cirebon – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Cirebon membubarkan paksa dua kegiatan kampanye yang dilakulan oleh calon anggota legislatif (caleg), karena terbukti telah melanggar aturan.

Dua kampanye yang dibubarkan petugas pengawas kecamatan dan pengawas desa Bawaslu Kabupaten Cirebon terjadi pada hari Sabtu (26/1) dan Minggu (27/1) di Kecamatan Tengah Tani dan Kecamatan Weru.

Adapun caleg yang melanggar aturan berinisial AW Caleg DPR RI dari Partai Amanat Nasional dan N Caleg DPRD Jawa Barat dari Partai Demokrat.

Komisioner Bawaslu Kabupaten Cirebon Sadarudin Parapat menjelaskan, saat melakukan kampanye terbatas, panitia penyelenggara kampanye tidak bisa menunjukan Surat Tanda Terima Pemberitahuan atau STTP yang dikeluarkan oleh Kepolisian.

“Kemarin itu Sabtu dan Minggu ada tindakan pembubaran yang dilakukan oleh pengawas kecamatan dan pengawas desa terkait dengan kampanye yang tidak memiliki STTP. Kalau di regulasinya, pengawas mempunyai kewenangan untuk membubarkan dan itu sudah dilakukan oleh teman-teman pengawas,” jelasnya saat ditemui Senin (28/1).

Menurutnya, upaya pembubaran itu merupakan sebuah tindakan Bawaslu kepada siapapun peserta Pemilu yang melakukan kampanye tanpa memiliki STTP.

Oleh sebab itu, Sadarudin menghimbau kepada seluruh peserta pemilu dan para Caleg agar mengikuti prosedur yang telah ditentukan, ketika ingin melakukan kampanye. (PB03)

(8532)