Luas Lahan Puskesmas di Kota Cirebon Dinilai Kurang Ideal Luas Lahan Puskesmas di Kota Cirebon Dinilai Kurang Ideal
Peningkatan pelayanan puskesmas di wilayah kota Cirebon dirasa perlu terus ditingkatkan. Pemicu agar terjadinya peningkatan tersebut salah satunya pemberian akreditasi. Kepala Dinas Kesehatan kota... Luas Lahan Puskesmas di Kota Cirebon Dinilai Kurang Ideal

Peningkatan pelayanan puskesmas di wilayah kota Cirebon dirasa perlu terus ditingkatkan. Pemicu agar terjadinya peningkatan tersebut salah satunya pemberian akreditasi.

Kepala Dinas Kesehatan kota Cirebon, Edi Sugiarto mengatakan sudah ada penilaian akreditasi untuk dua puskesmas dan hasilnya akan dilihat minggu depan. Penilaian yang dilakukan oleh tim survey Kementerian Kesehatan tersebut berupa aspek SDM, sarana prasarana, metode kerja, dan standar operasional.

Selain itu, proses kegiatan seperti Upaya Kesehatan Perorangan, Upaya Kesehatan Pokok, Upaya Kesehatan asyarakat, dan Upaya Kesehatan Pengembangan juga diharapkan bisa terintegrasi secara paripurn. Artinya proses pelayanan untuk masyarakat harus lebih berkualitas dan memberikan kepuasan kepada masyarakat. Sejauh ini, kendala dari akreditasi tersebut terletak pada faktor luas lahan puskesmas. Menurut Edy, hanya puskesmas Gunungsari yang masih masuk ke dalam kategori ideal.

(108)