Nyiram Gong Sekati Medal Nyiram Gong Sekati Medal
Kamis (8/12), bertempat di bangsal Ukiran keraton Kanoman diadakan upacara nyiram gong sekati, gong sekati ini adalah alat gamelan keraton yang dimainkan setahun sekali... Nyiram Gong Sekati Medal

Kamis (8/12), bertempat di bangsal Ukiran keraton Kanoman diadakan upacara nyiram gong sekati, gong sekati ini adalah alat gamelan keraton yang dimainkan setahun sekali pada hari ke-7 bulan Maulud yang jatuh pada hari ini.

Prosesi nyiram gong sekati adalah salah satu ritual yang diadakan untuk mensucikan atau membersihkan pusaka yang ada di dalam keraton.

Pada wawancaranya kepada Pilaradio, Patih Qodiran mengatakan bahwa “Gong sekati ini adalah salah satu bentuk upacara adat yang sudah ada sejak jaman Sunan Gunung Jati untuk menyebarkan agama Islam pada waktu itu, karena pada jaman dahulu lebih efektif menyebarkan agama dengan cara tersebut.”

Pada kesempatan yang sama Pangeran Sep menuturkan bahwa “pada zaman Sunan Gunung Jati yang memainkan gamelan/gong sekati ini adalah para keturunan keraton atau para pangeran dengan izin dari sultan.” (PA)

(50)