Parah, Sungai Ini Jarang Dibersihkan Tumpukan Sampah Dimana-mana Parah, Sungai Ini Jarang Dibersihkan Tumpukan Sampah Dimana-mana
Pilarberita, Kabupaten Cirebon – Kondisi aliran sungai di Desa Kertawinangun, Kecamatan Kedawung, Kabupaten Cirebon mulai tersendat. Hal itu dikarenakan tumpukan sampah menunpuk di kolong... Parah, Sungai Ini Jarang Dibersihkan Tumpukan Sampah Dimana-mana

Pilarberita, Kabupaten Cirebon – Kondisi aliran sungai di Desa Kertawinangun, Kecamatan Kedawung, Kabupaten Cirebon mulai tersendat. Hal itu dikarenakan tumpukan sampah menunpuk di kolong jembatan sungai tersebut.

Sampah dari berbagai jenis menumpuk di aliran sungai tersebut. Tak ayal, sampah-sampah itu kerap menyumbat aliran sungai sehingga membuat air meluap ke sekitar jalan.

“Sampah di sungai itu memang sudah sangat lama, ya karena kami enggak ada tempat pembuangan sampah (TPS). Makanya masih ada warga yang buang ke situ,” ucap salah seorang warga yang enggan disebutkan namanya kepada Pilaradio, Minggu (14/7/2019).

Ia mengungkapkan, tidak pernah melihat petugas kebersihan mengangkut sampah hingga menyebarkan bau tak sedap. Dahulu, kata dia, ada plang peringatan larangan membuang sampah ke sungai, namun hal itu tak diindahkan warga.

Ironisnya, warga sekitar kerap membuang bangkai hewan ke sungai. Bahkan, saluran irigasi di sepanjang rumah warga pun digenangi air bercak hitam, yang diselimuti sampah hingga mengeluarkan aroma tak sedap. (PB04)

(54)