Pohon Yang di Tebang Di Jalan Cipto MangunkusumoAkan di Ganti DPUPR Pohon Yang di Tebang Di Jalan Cipto MangunkusumoAkan di Ganti DPUPR
Pilarberita, Kota Cirebon – Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kota Cirebon siap untuk mengganti pohon yang sudah ditebang di ruas jalan Dr.... Pohon Yang di Tebang Di Jalan Cipto MangunkusumoAkan di Ganti DPUPR

Pilarberita, Kota Cirebon – Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kota Cirebon siap untuk mengganti pohon yang sudah ditebang di ruas jalan Dr. Ciptomangunkusumo. Namun hingga kini, belum bisa dipastikan dimana lokasi pohon pengganti tersebut akan ditanam, Jum’at ( 12/1 ).

Sekdis PUPR Kota Cirebon, Ir, Yudi Wahono, DESS mengatakan, menanggapi sejumlah protes atas penebangan pohon yang dilakukan DPUPR di ruas jalan Dr.Ciptomangunkusumo. Kota Cirebon setiap hari makin padat kendaraannya.

Kendaraan yang melintas pun semakin bertambah. Karena itu dibutuhkan segera peningkatan kapasitas jalan untuk mengimbangi jumlah kendaraan yang semakin banyak tersebut.

Yudi menambahkan selain alasan pohon di tebang karena ada pelebaran jalan juga disebabkan karena usia pohon yang sudah tua dan rapuh karena dikhawatirkan pohon akan tumbang dan menimpa pengguna jalan.

Pemerintah Daerah Kota Cirebon melakukan pekerjaan peningkatan jalan di Jalan Dr. Ciptomangunkusumo. Dipilihnya jalan tersebut dikarenakan selama ini jalan tersebut menjadi perhatian dan lokasi perekonomian yang strategis di Kota Cirebon. Konsekuensinya memang ada penebangan pohon.

Yudi juga mengatakan, pihaknya bersedia untuk melakukan penggantian terhadap pohon yang ditebang tersebut dengan pohon lainnya. Hanya saja, pihaknya hingga kini belum memiliki acuan dimana pohon pengganti tersebut akan ditanam. Apakah harus di ruas jalan dimana pohon itu ditebang atau apa bisa di ruas jalan lainnya.

Apalagi dengan ada peningkatan ruas jalan di Jalan Dr. Ciptomangunkusumo tersebut maka lebar jalan juga akan bertambah. Sehingga perlu diperhitungkan apakah pohon yang ditanam nantinya berdekatan dengan pagar rumah orang , saluran air dan lainnya.(PB02)

(190)