Pemilihan Ketua OSIS, SMAN 1 Sumber Gunakan Sistem Online Pemilihan Ketua OSIS, SMAN 1 Sumber Gunakan Sistem Online
Pilarberita, Kabupaten Cirebon – Siswa SMA Negeri 1 Sumber memanfaatkan tekhnologi untuk melakukan proses Pemilihan Ketua OSIS berbasis Elektronik atau ePilkatos. Pemilihan yang mengedepankan transparansi ini,... Pemilihan Ketua OSIS, SMAN 1 Sumber Gunakan Sistem Online

Pilarberita, Kabupaten Cirebon – Siswa SMA Negeri 1 Sumber memanfaatkan tekhnologi untuk melakukan proses Pemilihan Ketua OSIS berbasis Elektronik atau ePilkatos. Pemilihan yang mengedepankan transparansi ini, diklaim mampu menghemat penggunaan kertas, Senin (9/9).

Sistem ePilkatos ini digunakan untuk proses pengumpulan suara, berbasis pemrogramman PHP. Nantinya siswa tidak perlu mencoblos calon ketua osis pilihan masing-masing seperti menggunakan kertas, tetapi cukup dengan menggunakan laptop yang disediakan panitia.

Kepala SMAN 1 Sumber Tedi M.Pd menjelaskan, yang melandasi pemilihan ketua osis secara online berkaitan dengan program Jabar Masagi atau program untuk menguatkan pondasi generasi milenial Jabar melalui nilai pendidikan karakter.

“Yang melandasi pemilihan osis dilakukan secara online ialah program Jabar Masagi dimana komitmen Gubernur Jabar menginginkan didalam proses pelayanan pendidikan mampu untuk melahirkan lulusannya yang memiliki kemampuan mumpuni dari segala aspek tentang manusia unggul dan berkarakter,” kata Tedi.

Menurutnya, pemanfaatan tekhnologi ini, mempermudah kinerja dan tidak mengganggu proses KBM karena siswa yang menyalurkan hak pilihnya hanya menghabiskan waktu 5 sampai 10 menit. Kedepan, proses pengembangan pembelajaran juga akan memanfaatkan tekhnologi.

Sementara itu, Ketua Osis SMA Negeri 1 Sumber periode 2018-2019, Nur Rohman menambahkan, pemilihan ketua Osis di SMAN 1 Sumber memanfaatkan teknologi ePilketos merupakan yang pertama kali dilakukan.

Menurut Nur, sistem online berpusat pada server lokal dan anya bisa diakses oleh sekolah dengan menggunakan nama dan NIK siswa yang memiliki kesempatan sekali untuk memilih calon ketua Osis.

Pada pelaksanaan pertama ini, panitia pemilihan menyediakan lima unit komputer yang digunakan untuk server dan komputer pemilihan di bilik suara. Adapun kandidat calon ketua Osis SMAN 1 Sumber periode 2019-2020 sebanyak 6 orang yang terdiri dari 4 calon laki-laki dan 2 calon perempuan. (PB03)

(1728)