Pemkab Cirebon Bakal Sulap Hutan Kota Sumber Jadi Panggung Budaya Pemkab Cirebon Bakal Sulap Hutan Kota Sumber Jadi Panggung Budaya
Pilarberita, Kabupaten Cirebon – Sekertaris Daerah (Sekda) Kabupaten Cirebon, Rahmat Sutrisno melakukan peninjauan lokasi Hutan Kota Sumber pada Kamis (15/8) sore. Dalam peninjauan tersebut,... Pemkab Cirebon Bakal Sulap Hutan Kota Sumber Jadi Panggung Budaya

Pilarberita, Kabupaten Cirebon – Sekertaris Daerah (Sekda) Kabupaten Cirebon, Rahmat Sutrisno melakukan peninjauan lokasi Hutan Kota Sumber pada Kamis (15/8) sore.

Dalam peninjauan tersebut, Sekda didampingi Kepala Dinas Lingkungan Hidup Sugeng Raharjo, Kepala Dinas Perumahan, Kawasan, Permukiman dan Pertamanan Agas Sukma Nugraha, Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Sekertaris Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga, R Chaidir.

Dalam kesempatan itu, Rahmat Sutrisno menjelaskan bahwa peninjauan tersebut merupakan tindaklanjut dari rancangan RPJMD Kabupaten Cirebon tahun 2019-2024, yang salah satunya adalah budaya, dengan mengakomodir para seniman untuk memiliki wadah berekspresi.

“Cek lokasi ini menindaklanjuti rancangan RPJMD 2019-2024 antara lain berbudaya. Kita ingin mengakomodir harapan para seniman untuk bisa berekspresi, oleh karena itu kita memilih opsi tempat untuk menyediakan panggung budaya,” ujar Rahmat saat diwawancarai.

Menurutnya, selain Hutan Kota Sumber, ada beberapa lokasi lainnya yang akan ditinjau untuk dibangun panggung budaya.

Sementara itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Sugeng Raharjo menambahkan, selain menyediakan panggung budaya untuk pentas seni, nantinya juga akan dibangun pusat kuliner dan Industri Kecil Menengah (IKM), yang mampu mendongkrak ekonomi kreatif masyarakat.

“Karena ini permintaan bupati, disini tidak hanya mengakomodir pentas seni, tapi juga kuliner dan IKM akan di sentralkan disini. Nanti disini ada air mancurnya, ada satwanya juga, ada pohon teduh dan lainnya. Jadi disini akan dijadikan RTH plus hiburan pentas seni, untuk mendongkrak ekonomi kreatif,” kata Sugeng.

Rencana pembangunan panggung budaya sendiri, baru akan direalisasikan pada tahun 2020 mendatang. Untuk tahun ini, menurut baru akan dilakukan rancangan anggaran dan instartrukur. (PB03)

(0)