Perpustakan 400 Susun Inovasi Sanksi dan Sistem Digital | pilaradio
Perpustakan 400 Susun Inovasi Sanksi dan Sistem Digital Perpustakan 400 Susun Inovasi Sanksi dan Sistem Digital
Sebagai penyedia kebutuhan buku di wilayah Cirebon, Perpustakaan 400 Cirebon juga mempunyai inovasi dalam programnya. Hal tersebut diungkapkan oleh Kabid Perpustakaan, Khaerul Bahtiar, bahwa... Perpustakan 400 Susun Inovasi Sanksi dan Sistem Digital

Sebagai penyedia kebutuhan buku di wilayah Cirebon, Perpustakaan 400 Cirebon juga mempunyai inovasi dalam programnya. Hal tersebut diungkapkan oleh Kabid Perpustakaan, Khaerul Bahtiar, bahwa selama menjadi Kabid sejak Agustus lalu, ia terus fokus membenahi manajemen buku di Perpustakaan 400. Diantaranya, Khaerul akan merancang peraturan mengenai sanksi bagi peminjam buku (pemustaka) yang telat mengembalikan buku pinjaman dalam waktu yang telah ditentukan.

Sanksi tersebut yaitu pemustaka yang telat mengembalikan buku diwajibkan menceritakan isi buku yang sudah mereka pinjam. Menurutnya, sanksi ini cukup mendidik ketimbang pemustaka dibebani biaya denda dan malah terkesan pungli. Sejauh ini Perpustakaan 400 memiliki kurang lebih 40.000 buku termasuk 1.000 buku hasil dropping dari pusat yang belum di tata. Khaerul mengaku kesulitan dalam menyusun buku-buku tersebut, sebab Perpustakaan 400 tidak hanya melayani pemustaka dari wilayah Cirebon melainkan luar kota seperti Brebes. Ditambah lagi jumlah PNS yang ditempatkan di Perpustakaan 400 hanya ada tujuh orang.

Meskipun kondisi tenaga kerja dan kantor yang memprihatinkan, perpustakaan yang menggunakan anggaran APBD ini tidak pernah sepi dari pemustaka. Khaerul menegaskan tahun ini minat baca warga Cirebon naik menjadi 200 orang per hari. Kedepannya ia juga akan mengajukan sistem digitalisasi untuk mendata buku dan membentuk tim bagi pemustaka yang telat mengembalikan buku guna di selidiki ke alamat si pemustaka tersebut.(PR)

(93)