Polres Cirebon Tetapkan 6 Orang Tersangka Kasus Investasi Bodong Global Insani Polres Cirebon Tetapkan 6 Orang Tersangka Kasus Investasi Bodong Global Insani
Pilarberita, Kabupaten Cirebon – Polres Cirebon menetapkan enam orang tersangka terkait investasi bodong PT Surabraja Mandiri dan BMT Global Insani yang berpusat di Desa... Polres Cirebon Tetapkan 6 Orang Tersangka Kasus Investasi Bodong Global Insani

Pilarberita, Kabupaten Cirebon – Polres Cirebon menetapkan enam orang tersangka terkait investasi bodong PT Surabraja Mandiri dan BMT Global Insani yang berpusat di Desa Kasugengan Kidul Kecamatan Depok Kabupaten Cirebon.

Kapolres Cirebon, AKBP Suhermanto mengatakan, enam orang tersangka terbukti melakukan penghimpunan dana dari masyarakat tanpa izin Bank Indonesia dengan cara melakukan kegiatan investasi melalui program qiradh haji serta kerjasama budidaya jahe dan jabon.

“Penghimpunan dana dalam bentuk simpanan atau investasi berdasarkan prinsip syariah tanpa izin dari Bank Indonesia. Untuk para terlapor ada 6 orang dan sudah ditetapkan sebagai tersangka, yang pertama adalah inisla HB, HA, YEB, AFB, HSK dan HJ,” ungkap Suhermanto di Mapolres Cirebon Kamis (31/1) sore.

Keenamnya terdiri dari Direktur Utama, Komisaris, Direktur I, Direktur II PT Surabraja Mandir serta Direktur dan Manager Operasional BMT Global Insani.

Akibat aksi para tersangka, masyarakat yang menjadi korban investasi bodong itu mencapai 4.300 orang dengan total kerugian mencapai Rp 77.988.045.000.

Saat ini, Polres Cirebon masih terus melakukan penyidikan dan penyelesaian berkas perkara keenam pelaku. Akibat perbuatannya, para pelaku terjerat pasal 59 ayat 1 jo pasal 5 ayat 1 jo pasal 22 UU RI No 21 Tahun 2008 dengan ancaman hukuman paling singkat 5 tahun dan maksimal 15 tahun. (PB03)

(405)