Porsenitas V Harus Jadi Eksistensi Produk Lokal | pilaradio
Porsenitas V Harus Jadi Eksistensi Produk Lokal Porsenitas V Harus Jadi Eksistensi Produk Lokal
Agenda kegiatan Porsenitas V yang diadakan di GOR Ranggajati Sumber, Rabu, (14/12), dirasakan sebagai momen yang bermanfaat bagi para pelaku Usaha Mikro Kecil dan... Porsenitas V Harus Jadi Eksistensi Produk Lokal

Agenda kegiatan Porsenitas V yang diadakan di GOR Ranggajati Sumber, Rabu, (14/12), dirasakan sebagai momen yang bermanfaat bagi para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di wilayah Cirebon. Pasalnya, beberapa dinas terkait memberikan lapak gratis untuk pelaku bisnis lokal untuk memajang produknya dalam sebuah pameran. Salah satunya pemilik produk terasi Cimisbon, Danu (40) yang diberikan keleluasaan untuk menjual produk di hajatnya Disperindagkop tersebut.

Seperti pantauan Pilar Radio, meskipun pameran tersebut sepi namun Danu tetap tidak kehilangan pembeli. Ia berasal dari Kanci, daerah penghasil terasi terbesar di Cirebon. Danu sudah memulai usaha terasi dan melabeli produknya sejak 3 tahun lalu. Atas prestasi produksinya tersebut kini produknya menjadi binaan Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Cirebon. Tak jarang ia bersama komunitas UMKM lainnya sering diundang ke acara-acara bisnis di luar kota.

Sealing itu Danu berharap agar pemerintah bisa mempercepat proses hak cipta terasi tersebut karena beberapa negara seperti Thailand dan Jepang sudah memulai melakukan penelitian produksi kuliner yang terbuat dari rebon tersebut. Menurutnya terasi merupakan ciri khas Cirebon yang memang harus ada hak paten demi terciptanya laju pasar yang bermanfaat bagi pelaku UMKM di wilayah Cirebon. (PR)

(0)