Sampah di Aliran Sungai Kesunean Utara Memprihatinkan Sampah di Aliran Sungai Kesunean Utara Memprihatinkan
Pilarberita, Kota Cirebon – Sampah yang menggenang di sungai daerah Kesunean Utara Kota Cirebon menyebabkan pencemaran lingkungan bagi warga yang tinggal di pinggiran sungai... Sampah di Aliran Sungai Kesunean Utara Memprihatinkan

Pilarberita, Kota Cirebon – Sampah yang menggenang di sungai daerah Kesunean Utara Kota Cirebon menyebabkan pencemaran lingkungan bagi warga yang tinggal di pinggiran sungai tersebut. Dikatakan salah seorang warga, Sukandar, bau busuk menggangu pernafasan dan nyamuk yang berkembang biak di sampah.

Sampah juga tidak hanya dari warga tapi juga dari laut karena air laut saat pasang membawa sampah. Menurut Sukandar, sudah ada pihak yang memantau kondisi sungai baik dari Kelurahan maupun Kecamatan.

“Ini ya dari warga juga kadang-kadang ya dari laut jadi kalau misal mau balik lagi sampahnya enggak bisa ikut soalnya di sananya dangkal,” ujar Sukandar, Kamis (15/8/2019).

Ia menceritakan, kondisi ini dimulai sejak awal kemarau karena air sungai mulai surut dan sampah menggenang. Namun saat hujan tidak terjadi banjir karena aliran air yang cukup baik meski air sungai berwarna hitam pekat.

Jenis sampah yang terpantau Pilaradio diantaranya plastik, sampah rumah tangga hingga bangkai binatang. Tidak hanya membawa bau busuk, namun genangan sampai di sungai tersebut juga menimbulkan bibit nyamuk. Hingga saat ini belum ada gerakan yang pasti untuk mengatasi sampah yang menumpuk dan menggenang tersebut. (PB04)

(27)