Situs Balong Awal Tirta Kencana,di Blok Cantilan Sumber Cirebon Situs Balong Awal Tirta Kencana,di Blok Cantilan Sumber Cirebon
PILARADIO886, KABUPATEN CIREBON – Balong Tukmudal Awal Tirta Kencana Banyu Biru yang terletak di Blok Cantilan Kelurahan Kaliwadas, Kecamatan Sumber, Kabupaten Cirebon, dianggap sumur... Situs Balong Awal Tirta Kencana,di Blok Cantilan Sumber Cirebon

PILARADIO886, KABUPATEN CIREBON – Balong Tukmudal Awal Tirta Kencana Banyu Biru yang terletak di Blok Cantilan Kelurahan Kaliwadas, Kecamatan Sumber, Kabupaten Cirebon, dianggap sumur keramat oleh warga sekitar,(31/01/2017).

Syafruddin (52) kuncen situs tersebut menceritakan bahwa, pada 24 November 2016 lalu, balong yang sebelumnya digunakan warga untuk mandi maupun mencuci pakaian itu sudah lama dikeramatkan masyarakat sekitar, namun atas perintah dari pihak Keraton Kanoman untuk dikuras karena terdapat sumur, akhirnya ditemukanlah sumur yang pertama yang dinamakan Sumur Tirta Kencana Banyu Biru, posisinya paling besar berada di tengah-tengah balong tersebut.

Pada hari keduanya, masyarakat pun kembali menguras balong itu hingga ditemukan dua sumur lain dan hari selanjutnya juga telah ditemukan kembali hingga jumlahnya menjadi tujuh sumur, yaitu sumur Tirta Kencana Banyu Biru, Kejayan, Keputren, Anom, Balong Sepuh, Kemulyan, dan Jalatunda.

Selain sumur, terdapat pula 2 buah makam ditempat tersebut, yaitu makam Ki Syeh Danuarsih, dan Raden Walangsungsang atau Pangeran Cakrabuana, harapan warga masyarakat agar situs tersebut dilestarikan, dan diperhatikan oleh pihak pemerintah.(Andri)

(307)