Tahun Ini Jemaah Haji Se-Wilayah III Cirebon Berangkat Melalui BIJB Kertajati Majalengka Tahun Ini Jemaah Haji Se-Wilayah III Cirebon Berangkat Melalui BIJB Kertajati Majalengka
Pilarberita, Kota Cirebon – Kepala Seksi Pemberangkatan Haji dan Umroh Kantor Kementrian Agama Kota Cirebon, Jajang Badruzaman menyampaikan, jemaah haji dari wilayah III Cirebon... Tahun Ini Jemaah Haji Se-Wilayah III Cirebon Berangkat Melalui BIJB Kertajati Majalengka

Pilarberita, Kota Cirebon – Kepala Seksi Pemberangkatan Haji dan Umroh Kantor Kementrian Agama Kota Cirebon, Jajang Badruzaman menyampaikan, jemaah haji dari wilayah III Cirebon akan berangkat melalui Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati Majalengka.

Di mana 6.705 jemaah haji itu kemungkinan akan ditempakan di Radiant Hotel Cirebon, karena mempunyai fasilitas yang lengkap untuk menunjang embarkasi haji. Dalam hal ini, Pemerintah Provinsi Jawa Barat menyatakan siap menutup kekurangan anggaran haji tahun ini.

“Jadi secara kebijakan diperbolehkan BIJB jadi tempat pemberangkatan ibadah haji. Jadi tahun ini hanya untuk wilayah tiga yang diputuskan sebanyak 17 kloter,” kata Jajang saat ditemui di ruangannya, Kamis (16/5/2019).

Ditetapkannya BIJB Kertajati sebagai embarkasi haji dan umroh semakin, lanjut Jajang, akan mendorong bandara tersebut sebagai sarana perhubungan udara utama di Jawa Barat.

Namun, Jajang menekankan beberapa syarat yang harus dipenuhi. Di mana asrama haji tidak hanya akan berfungsi sebagai tempat penginapan tapi juga sebagai tempat karantina para calon jemaah haji. Untuk itu, asrama haji harus steril serta mempunyai kelaikan sistem untuk standar pelayanan dan penyelenggaraan ibadah haji. (PB04)

(54)