Tangani ODGJ, Kabupaten Cirebon Bentuk Tim Penanggulangan Kesehatan Jiwa Masyarakat Tangani ODGJ, Kabupaten Cirebon Bentuk Tim Penanggulangan Kesehatan Jiwa Masyarakat
Pilarberita, Kabupaten Cirebon – Kabupaten Cirebon kini memiliki Tim Penanggulangan Kesehatan Jiwa Masyarakat (TPJKM) yang akan menangani orang dengan gangguan jiwa (ODGJ). Kepala Dinas... Tangani ODGJ, Kabupaten Cirebon Bentuk Tim Penanggulangan Kesehatan Jiwa Masyarakat

Pilarberita, Kabupaten Cirebon – Kabupaten Cirebon kini memiliki Tim Penanggulangan Kesehatan Jiwa Masyarakat (TPJKM) yang akan menangani orang dengan gangguan jiwa (ODGJ).

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Cirebon, Enny Suhaeni menyebutkan, data tahun 2017 ada 76 warga Kabupaten Cirebon yang mengalami gangguan jiwa dan dipasung.

Namun di tahun 2019 ini, Enny memastikan sudah tidak ada lagi ODGJ yang dipasung. Jumlahnya pun kini sudah berkurang dari 76 kini hanya 25 jiwa yang masih menjalani perawatan.

“Kalau yang dipasung 76 tahun 2017 dan langsung di rawat 2018 sisa 54 dan sekarang sisa 25 yang sedang ditangani. Jadi sekarang sudah tidak ada yang di pasung,” kata Enny pada Senin (21/10).

Enny juga mengatakan, saat ini 60 Puskesmas dan rumah sakit daerah di Kabupaten Cirebon sudah memiliki tenaga medis khusus untuk menangani pasien ODGJ.

Dengan dibentuknya Tim PJKM, Kabupaten Cirebon menargetkan seluruh warganya yang mengalami gangguan jiwa dapat diperlakukan dengan baik, sesuai dengan visi misi Provinsi Jawa Barat Tahun 2019.

Sementara itu, Sekertaris Daerah Kabupaten Cirebon Rahmat Sutrisno, mengapresiasi program dan gagasan yang bentuk Dinkes. Tentunya hal itu telah sesuai dengan undang-undang yang menjamin setiap warganya untuk mendapat hak dasar yang salah satunya tentang kesehatan. (PB03)

(27)