Tarif Citros Belum Bisa Menutupi BOK, Rencana Perubahan Akan Bergulir Tarif Citros Belum Bisa Menutupi BOK, Rencana Perubahan Akan Bergulir
Pilarberita, Kota Cirebon – Citros yang sudah beroperasi saat ini masih dalam tahap percobaan operasional. Karena, pihak pengelola tengah mengkalkulasi volume penumpang per harinya... Tarif Citros Belum Bisa Menutupi BOK, Rencana Perubahan Akan Bergulir

Pilarberita, Kota Cirebon – Citros yang sudah beroperasi saat ini masih dalam tahap percobaan operasional. Karena, pihak pengelola tengah mengkalkulasi volume penumpang per harinya sebagai bahan kajian berikutnya.

Diungkapkan Wakil Manager Operasional Citros, Karsono, tarif yang saat ini berlaku hanya Rp. 5.000. Namun untuk pendapatannya masih belum bisa menutupi biaya operasional kendaraan (BOK).

“Karena dari tarif yang ada, masih belum menutup BOK yang mencakup persuratan, perizinan, asuransi, perawatan, perbaikan, gaji kru, uang makan kru, dan lain-lain,” ungkap Karsono kepada Pilaradio, Kamis (14/3/2019).

Karsono menjabarkan, jika ditarif Rp 5.000 per penumpang, maka satu bus akan menghasilkan Rp. 100.000 per putaran. Tapi angka tersebut akan dipotong untuk BBM, gaji kru, dan perawatan. Belum lagi BOK itu idealnya berada diangka Rp. 800.000.

Untuk itu, evaluasi terhadap perubahan tarif tiket akan dilakukan setelah masa percobaan ini berakhir. Sehingga, bus Citros akan tetap beroperasi dan bisa melayani masyarakat maupun wisatawan dalam berwisata di Kota Cirebon. (PB04)

(108)