Tarik Minat Wisata, Caruban Carnival Tahun Ini Tampil Beda Tarik Minat Wisata, Caruban Carnival Tahun Ini Tampil Beda
Dinas Budaya Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disbudparpora) kabupaten Cirebon tengah mempersiapkan ajang Caruban Carnival 2017. Seperti tahun sebelumnya, pagelaran ini masih bertujuan untuk menciptakan... Tarik Minat Wisata, Caruban Carnival Tahun Ini Tampil Beda

Dinas Budaya Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disbudparpora) kabupaten Cirebon tengah mempersiapkan ajang Caruban Carnival 2017. Seperti tahun sebelumnya, pagelaran ini masih bertujuan untuk menciptakan agenda pariwisata sebagai pendukung daya tarik destinasi pariwisata Kabupaten Cirebon.

Rabu, (18/1), Kasi Obyek dan Promosi Disbudparpora kabupaten Cirebon, Ahmad Bayu mengatakan, Caruban Carnival tahun ini dipastikan akan berbeda kemasannya dibanding dengan tahun kemarin. Karnaval budaya sudah berjalan dari tahun 2013, namun masih dengan konsep arak – arakan biasa. Merasa harus lebih merangsang minat wisata yang lebih, Disbudparpora kabupaten Cirebon akhirnya menggelar Caruban Carnival di tahun 2015. Ahmad Bayu mengatakan saat itu Disbudparpora melibatkan konseptor karnaval ternama yang sukses membawa beberapa karnaval di Jember bahkan Rio De Jeneiro.

Dari situ terlihat pencapaian Caruban Carnival cukup tinggi dan di tahun 2016 Caruban kembali menata pagelaran kearifan lokal Cirebon tersebut. Meski belum ada kepastian tentang tema yang akan diangkat untuk tahun ini, namun Ahmad Bayu menegaskan sudah punya beberapa opsi tema yang menjadi dasar imajiner. Selain itu, ia juga menjelaskan akan ada Travel Mart sebagai interaksi antara penjual produk lokal dengan pembeli yang berasal dari luar Cirebon. Produk yang dibina oleh Badan Promosi Daerah ini di tahun sebelumnya sudah menjadi minat pembeli dari Filipina, Malaysia, dan Singapura. (Rama)

(38)