Tidak Terdata, Disnakertrans Sebut Turini TKI Ilegal Tidak Terdata, Disnakertrans Sebut Turini TKI Ilegal
Pilarberita, Kabupaten Cirebon – Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Cirebon angkat bicara menanggapi informasi adanya penyekapan TKI asal Kecamatan Tengah Tani di... Tidak Terdata, Disnakertrans Sebut Turini TKI Ilegal

Pilarberita, Kabupaten Cirebon – Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Cirebon angkat bicara menanggapi informasi adanya penyekapan TKI asal Kecamatan Tengah Tani di Arab Saudi.

Kepala Disnakertrans Abdullah Subandi menyebut, Turini seorang TKI yang sudah bekerja di Arab Saudi sejak tahun 1998 itu tidak masuk dalam data SISKO-TKLN (Sistem Komunikasi Tenaga Kerja Luar Negeri).

Itu artinya, Turini dinyatakan merupakan TKI yang berangkat secara ilegal tanpa melalui prosedur yang berlaku kala itu. Pasalnya, pada tahun 1998 lalu, sedang marak-maraknya masyarakat yang ingin bekerja di luar negeri, khususnya diwilayah Timur Tengah.

“Sedangkan Turini ini pemberangkatannya tahun 1998 otomatis tidak termasuk dan terdata. Tahun 1998 ini lagi semaraknya orang ingin bekerja di luar negeri, ini kemungkinan besar termasuk yang ilegal dan tidak melalui prosedur,” ujarnya saat ditemui pada Jumat (15/3).

Meski begitu, Abdullah mengaku tetap berkordinasi dengan BNP2TKI dan pihak lainnya, untuk menyelidiki masalah tersebut. Bahkan, pihaknya juga akan berupaya untuk memulangkan Turini. (PB03)

(27)