Wah, Masjid Ini Jadi Viral di Media Sosial Wah, Masjid Ini Jadi Viral di Media Sosial
Pilarberita, Kota Cirebon – Masjid Al-Barokah di Jalan Sukalila Kota Cirebon, menjadi viral di sosial media belakangan ini. Pasalnya, di masjid ini menyediakan fasilitas... Wah, Masjid Ini Jadi Viral di Media Sosial

Pilarberita, Kota Cirebon – Masjid Al-Barokah di Jalan Sukalila Kota Cirebon, menjadi viral di sosial media belakangan ini. Pasalnya, di masjid ini menyediakan fasilitas untuk melayani jamaah maupun musafir. Masjid tersebut pun menuai pujian dari warga net.

Berdasarkan pantauan di lokasi, Masjid Al-Barokah cukup strategis, yakni dekat dengan pasar dan pusat perbelanjaan seperti mall. Di sini terdapat fasilitas seperti air minum gratis, yang juga dilengkapi dengan berbagai kopi kemasan, yang bisa diseduh. Kemudian, pengurus masjid juga memperbolehkan siapapun untuk tidur di dalam masjid, yang dibuktikan dengan adanya tulisan yang dipasang.

Bahkan, juga disediakan bantal dan alas bagi yang ingin tidur. Asalkan, mereka diperbolehkan tidur setelah shaf ketiga, supaya tidak mengganggu jamaah lain yang hendak solat.

Kemudian, disediakan juga kacamata berbagai ukuran yang bisa digunakan untuk membaca. Karena di masjid juga terdapat Al-Quran, yang bisa dibaca oleh jamaah. Sehingga, jika ada yang merasa matanya agak kesulitan membaca, bisa menggunakan kacamata tersebut.

Menurut Sekretaris Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) Al Barokah, Kukut Sutrisno, fasilitas pelayanan gratis untuk jemaah dan musafir itu mulai diberlakukan sejak 2017 silam. Karena, siapapun yang datang ke masjid merupakan tamu Allah, dan harus disambut.

“Kita menyambut tamu Allah, baik itu musafir atau jamaah yang hendak solat,” jelasnya, Minggu (14/7/2019).

Kukut melanjutkan, dia dan pengurus masjid lainnya menggunakan konsep seperti ini, karena ingin seperti di Masjid Nabawi. Sebab pada dasarnya, zaman Rasulullah dulu jamaah ada yang tidur di masjid, dan juga sebagai tempat beristirahat. Karena itulah, dirinya heran jika ada masjid yang melarang jamaahnya untuk tidur di dalam masjid. (PB04)

(27)