Mengenang Ani Yudhoyono, Ibu Negara Pendamping Setia SBY Mengenang Ani Yudhoyono, Ibu Negara Pendamping Setia SBY
Pilarberita, Newsflash — Kabar duka datang pada Sabtu siang dari keluarga Ibu Negara ke-6 RI Kristiani Herawati alias Ani Yudhoyono. Istri mantan presiden Susilo Bambang... Mengenang Ani Yudhoyono, Ibu Negara Pendamping Setia SBY

Pilarberita, Newsflash — Kabar duka datang pada Sabtu siang dari keluarga Ibu Negara ke-6 RI Kristiani Herawati alias Ani Yudhoyono. Istri mantan presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) itu meninggal dunia pada pukul 11.50 waktu Singapura usai menjalani perawatan medis akibat sakit kanker darah yang dideritanya di National Univesity Hospital.

Ani dilahirkan di Yogyakarta pada 6 Juli 1952 silam. Perempuan yang pernah terdaftar sebagai mahasiswi jurusan Kedokteran Universitas Kristen Indonesia (UKI) dan mahasiswi jurusan Ilmu Politik Universitas Terbuka itu merupakan anak ketiga dari Letnan Jenderal TNI purnawirawan Sarwo Edhie Wibowo.

Ani menikah dengan SBY pada Juli 1976. Ia dikaruniai dua orang anak, yakni Agus Harimurti Yudhoyono dan Edhie Baskoro Yudhoyono. Pernikahan Ani dan SBY berlangsung kala SBY baru saja dilantik sebagai perwira TNI.

Ani merupakan sosok penting dalam karier SBY. Ia setia mendampingi SBY sejak berkarier di militer, menteri, hingga menjadi Presiden RI ke-6 periode 2004-2009 dan 2009-2014. Di Partai Demokrat yang dibentuk oleh SBY, Ani juga sempat menduduki jabatan penting, yakni sebagai Wakil Ketua Umum.

Bahkan, Ani sempat digadang-gadang menjadi Ketua Umum menggantikan SBY. Namun, wacana itu dibantah oleh SBY. Ani pun juga menegaskan lebih memilih mendampingi SBY sebagai istri.

Semasa hidupnya, Ani dikenal merupakan sosok yang aktif di media sosial. Ia kerap mempublikasikan kegiatannya, SBY, dan keluarga dari akun media sosial pribadinya, yakni di Twitter dan Facebook.

Pengikut Ani di media sosial juga terbilang sangat banyak. Twitter misalnya, akunnya yang bernama @aniyudhoyono diikuti oleh 6,4 juta akun. Sementara di Facebook, akunnya disukai oleh puluhan ribu orang.

Selain publikasi kegiatan, Ani juga kerap menunjukkan karya jepretan kamera ke dalam akun medsosnya. Ani diketahui memiliki hobi fotografi. Dalam sejumlah acara kenegaraan dan partai, Ani kerap terlihat membawa dan mengabadikan momen hingga keindahan alam dengan kamera DSLR.

Source : cnnindonesia.com

(0)